Pengertian
E-Commerce
Website digunakan sebagai pengganti toko
offline. Website ecommerce mencakup berbagai fungsi seperti etalase produk,
pemesanan online dan inventarisasi stok, untuk menjalankan fungsi utama sebagai e-commerce.Software
yang digunakan terpasang pada server e-commerce dan bekerja secara simultan
dengan sistem pembayaran online untuk memproses transaksi.
Secara umum e-commerce artinya melakukan bisnis
melalui jaringan yang saling terhubung (interconnected networks/internet).
Untuk semakin memahami mengenai e-commerce, saksikan video berikut ini :
Berikut beberapa contoh dari praktek e-commerce:
· Menerima pembayaran kartu
kredit untuk transaksi penjualan online
· Menghasilkan pendapatan dari
iklan online
· Pertukaran saham melalui broker
online
· Penyaluran informasi kepada
perusahaan melalui intranet
· Penyaluran manufaktur dan
distribusi dengan partner melalui ekstranet
· Melakukan penjualan produk
digital melalui website
Transaksi e-commerce terjadi pada banyak ruang
lingkup mulai dari bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, konsumen ke konsumen
dan konsumen ke bisnis. Istilah e-commerce atau e-business sering digunakan
secara bergantian juga dengan istilah e-tail dalam referensi untuk proses
transaksional belanja online.
B.
Jenis – Jenis E-Commerce
Bisnis E-commerce mulai tumbuh
cepat sejak tahun 1998. E-commerce sendiri memiliki berbagai
sistem transaksi. Ada beberapa jenis E-commerce yang sebaiknya
anda tahu sebelum anda memulai mengembangkan bisnis anda melalui E-commerce.
§ Business To Business (B2B)
Meliputi semua transaksi barang atau jasa yang
dilakukan antar perusahaan atau antar rekan bisnis. Jenis bisnis ini sebenarnya
adalah toko online yang memiliki website sendiri.
Transaksinya sendiri dilakukan dengan menggunakan email dan EDI (Electronic
Data Interchange, sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi
komputer dan antar perusahaan) untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.
Contoh:
www.citos.id atau CITOS
Connection adalah sebuah perusahaan yang menawarkan usaha travel agen
kepada seluruh masyarakat di bidang ticketing online. Dengan
nama City Ticketing Online System (CITOS) memberikan kemudahan
bagi masyarakat yang ingin menjadi travel agen namun dana terbatas.
§ Business To Consumer (B2C)
Yaitu pelayanan secara langsung kepada konsumen,
melalui barang atau jasa. Dengan penjualan langsung di internet atau
secara online, konsumen dapat mempelajari produk yang akan dibeli
dengan melalui informasi yang tercantum didalamnya. Jenis ini lebih mudah dan
dinamis serta berkembang dengan sangat cepat karena adanya dukungan website serta
adanya toko atau mall online.
§ Consumer To Consumer (C2C)
Adalah transaksi elektronik antar konsumen ke
konsumen lainnya. Transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang
menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.
Salah satu bentuk C2C adalah online market
place, di sana penjual diperbolehkan menjual produknya secara langsung
kepada konsumen dengan melalui website.
§ Consumer To Business (C2B)
Adalah kebalikan dari Business To Consumer (B2C),
di mana seseorang (individu) menawarkan layanan jasa atau barang bagi
perusahaan melalui layanan online.
Sebagai contoh adalah stok foto, logo dan template.
§ Online To Offline (O2O)
Jenis E-commerce yang menarik
pelanggan dari channel online untuk toko fisik. Yang kemudian
menggunakan berbagai alat dan pendekatan untuk menarik pelanggan agar dari
pasar online untuk mengunjungi toko offline-nya.
Contoh:
Sebuah pusat kebugaran yang menarik konsumennya
melalui pasar online, karena pusat kebugaran tidak mungkin
didirikan secara online. Mereka menarik konsumen dari online
untuk datang dan mengunjungi pusat kebugarannya melalui sosial media
maupun website.
C.
Kekurangan dan Kelebihan E-Commerce
Ada 3 aspek kelebihan dari E- Commerce, yaitu :
1. Kelebihan bagi
organisasi
· Dapat
memperluas pasar hingga pada taraf global/International
·
Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
·
Meningkatkan Brand perusahaan
· Dapat
menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
·
Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan bagi
pelanggan
· Dapat
memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
· Mampu
memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
· Dengan
banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
· Dapat
melakukan review komentar terkait produk
· Dapat
memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan bagi
masyarakat
· Tidak perlunya
perjalanan dalam kegiatan jual beli
· Dapat
mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
· Dapat
membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
Kekurangan E-Commerce
Sementara kekurangannya dalam dua aspek, yakni:
1. Kekurangan dari
segi teknis
· Jika
emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar
sistem yang ada
·
Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
· Jika terjadi
kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
·
Kesulitan dalam integrasi sistem
· Terjadi
masalah pada kompatibilitas sistem
2. Kekurangan dari
segi non-teknis
·
Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
· Tingkat
kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
·
Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara
online
·
Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
·
Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
· Masih
belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu
D.
Contoh Nyata E-Commerce Lazada
Lazada merupakan bagian dari jaringan E-Commerce
yang berpusat di Dubai, Uni Emirat Arab yang juga masih merupakan bagian
dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada menggunakan
nuansa biru dan oranye yang mirip dengan nuansa tema yang digunakan oleh situs
jual beli Amazon. Lazada fokus untuk penjualan produk consumen electronic dan
peralatan rumah tangga. Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada
Indonesia. Salah satu keunggulan yang diberikan Lazada adalah layanan antar
gratis di wilayah Jakarta menggandeng Go-Jek. Hal ini dikarenakan CEO Rocket
Internet Indonesia juga merupakan founder Go-Jek.
Cara
Menggunakan Aplikasi Lazada
Untuk menggunakan layanan berbelanja di Lazada,
pengguna diwajibkan untuk memiliki akun terlebih dahulu. Untuk
mendaftar/membuat akun, bisa dilakukan dengan klik login pada halaman muka
Lazada, lalu akan muncul pop-up untuk login dan di situ ada menu untuk daftar.
Untuk pendaftaran akun cukup dengan mengisi kolom-kolom data yang tersedia di
situ. Dibutuhkan alamat e-mail untuk mendaftar akun di Lazada. Apabila user
kesulitan dengan pendaftaran akun dengan metode pengisian data, user tidak
perlu khawatir karena ada menu pendaftaran/login dengan alamat Facebook.
Langkah
Membeli Barang di Lazada
Pertama yang harus anda lakukan adalah
mengunjungi Lazada.co.id. Kemudian
tentukan barang yang akan anda beli. Jika sudah anda tentukan selanjutnya
adalah mengklik “BELI SEKARANG”. Lalu klik “KONFIRMASI PEMESANAN”
Selanjutnya anda akan dibawa ke halaman dimana
disitu anda harus memasukkan alamat lengkap anda untuk mengirim barang yang
anda beli. Pastikan alamat yang anda masukkan sudah benar, jika alamat sudah
benar anda bisa lihat detil pesanan anda di sebelah kanan. Setelah itu klik
“LANJUTKAN”.
Sekarang pilih metode pembayaran anda, bisa memilih
pembayaran dengan Kartu Kredit, Bayar di Tempat, Bank transfer. Jika memilih
metode Bayar di Tempat pastikan barang yang anda beli tersedia untuk pembayaran
di tempat, jika tidak tersedia anda bisa memilih metode pembayaran lainnya.
Disini saya memilih pembayaran melalui Bank Transfer.
Kemudian buka email anda dan periksa inbox dan cari
email dari Lazada. Jika di inbox tidak ada bisa cari di folder spam. Email
tersebut berisi data pesanan anda seperti Nomor Pemesanan, Total yang harus di
bayar. Anda harus segera melakukan pembayaran sebelum 24 jam. Anda bisa
melakukan pembayaran melalui ATM atau Internet Banking. Di dalam email tersebut
sudah terdapat langkah-langkah cara melakukan pembayaran melalui ATM maupun
Internet Banking. Jadi ikuti saja cara melakukan pembayaran yang terdapat di
email.
Setelah anda melakukan pembayaran maka anda sudah
selesai berbelanja di Lazada, selanjutnya anda tinggal menunggu konfirmasi dari
Lazada bahwa pembayaran anda sudah diterima oleh pihak Lazada melalui email
anda. Apabila sudah terdapat email konfirmasi dari lazada selanjutnya anda
tinggal menunggu barang anda sampai di tangan anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar