Electronic Business
A.
Pengertian E-Business
Yang dimaksud dengan Electronic
Business atau E-Business adalah suatu kegiatan transaksi,
jual-beli,
bisnis yang dilakukan melalui perangkat elektronik atau dengan internet
sehingga perusahaan dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier
maupun rekan bisnis. Atau arti yang lebih singkat dari e-business yaitu
penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus
mengelola bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Teknologi
Informasi dan Komunikasi pada e-business digunakan untuk meningkatkan bisnis
perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit maupun
nonprofit suatu perusahaan.
E-business dapat dikatakan juga
sebagai iklan supaya para konsumen dapat membeli produk-produk perusahaan.
Sehingga e-business sangat berguna bagi e-commerce, karena fungsi dari
e-business yaitu untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti
bagian prroduksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan akan menggunakan
Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola
bisnisnya sehingga mendapatkan keuntungan.
B.
Strategi e-business pada perusahaan
Adapun
konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan dalam menjalankan e-business
dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya sebagai berikut:
- ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan
strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang dapat digunakan untuk
berkoordinasi mengenai sumber daya dan informasi yang digunakan untuk proses
dalam berbisnis.
- EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan
strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan
antar perusahaan dapat bertukar informasi.
- CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan
strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di
desain untuk meningkatkan keuntungan dan kepuasan para konsumen.
- SCM (Supply Chain Management)
Merupakan
strategi manajemen mengenai rantai suplai yang secara otomatis akan terkomputerisasi.
C.
Keuntungan yang bisa didapatkan dari e-business
Beberapa keuntungan yang bisa di
dapatkan dari e-business, yang diantaranya seperti:
- Memperluas pasar, dengan e-business perusahaan atau pembisnis dapat memperluas pasarnya sehingga dapat memasuki pasar nasional maupun internasional, sehingga pembisnis dapat menjangkau banyak pelanggan.
- Menekan biaya telekomunikasi dan waktu transaksi serta penerimaan produk.
- Konsumen dapat melihat barang, spesifikasi dan informasi lainnya melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot harus mendatangi penjual.
- Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen tentunya dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.
D.
Kelebihan dan kelemahan e-business
Adapun beberapa keunggulan atau
kelebihan dari e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a.
Akses yang mudah
Maksudnya
supaya dapat terhubung atau berinteraksi jarak jauh atau tidak langsung dengan
konsumen, para pembisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang memadai.
b.
Lebih tepat sasaran
Jadi para
pembisnis yang mempromosikan produknya akan lebih tepat sasaran, sehingga
konsumenpun akan bertambah.
c.
Menghemat waktu
Jika
untuk berinteraksi ataupun bertransaksi harus menemui konsumen atau menemui
rekan bisnis, maka dengan e-business komunikasi dapat dilakukan secara online
di internet sehingga dapat menghemat waktu.
d.
Tidak membutuhkan modal yang terlalu besar
Kebanyakan
selalu orang beranggapan bahwa untuk memulai suatu bisnis membutuhkan modal
yang cukup besar, khususnya dalam melakukan promosi produk yang akan di jual.
Sedangkan sekarang ini dapat dilihat banyak sekali orang yang berbisnis
menggunakan internet atau secara online dengan modal yang sedikit atau tidak
terlalu besar. Hanya dengan modal yang kecil dan di dukung dengan koneksi
internet yang memadai, banyak orang yang langsung bisa menjalankan bisnis.
Contoh bisnis di internet adalah menjadi reseller, jadi hanya menjual ulang
produk-produk yang dijual oleh penjual lain tentunya dengan kesepakatan yang
sudah disepakati sebelumnya.
Adapun beberapa kelemahan yang
dimiliki oleh e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a.
Tidak adanya pertemuan secara langsung dengan
konsumen maupun sebaliknya
Jadi
tidak ada akses antara pembisnis dengan konsumen sehingga tidak akan terjadi
tatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli. Jika ingin bertemu harus
membuat kesepakatan terlebih dahulu.
b.
Beresiko terjadinya penipuan
Karena
transaksi tidak secara langsung maka beresiko terjadinya penipuan, terutama
bagi pembisnis pemula yang masih kurang pengetahuan mengenai bisnis di
internet. Tapi saat ini banyak sekali cara untuk menghindari penipuan salah
satunya dengan transaksi menggunakan rekening bersama, sehingga transaksi
menjadi lebih aman.
E.
Unsur-unsur e-busines
Adapun unsur-unsur pada
e-business, yang diantaranya sebagai berikut:
a.
Pelaku bisnis
Diantaranya
seperti Organisasi, produsen atau perusahaan, supplier, rekan bisnis, konsumen
dll.
b.
Alat, media atau sumber daya yang digunakan
Diantaranya
seperti Teknologi informasi dan komunikasi (Komputer, internet dll).
c.
Kegiatan dan sasarannya
Diantaranya
seperti kegiatan dan proses bisnis (pelayanan, penjualan dan transaksi) serta
operasi bisnis utama.
d.
Tujuannya
Diantaranya
seperti komunikasi, koordinasi, pengolahan organisasi, transformasi proses
bisnis dan berbagi informasi.
e.
Beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan
Diantaranya
seperti pendekatan yang relatif aman, lebih fleksibel, efesien, peningkatan
produktivitas, peningkatan keuntungan, bisnis yang terintegrasi dll.
F.
Beberapa contoh e-business
Beberapa contoh e-business saat
ini yaitu koran atau media cetak yang ada berbasis online-nya, jadi tidak hanya
media cetaknya saja. Banyak sekali media cetak yang menjalankan bisnisnya tidak
hanya melalui media cetak saja tapi juga melalui media online di internet dan
tentunya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan misalnya seperti:
berita yang bisa diakses kapan saja oleh seluruh masyarakat dan berita yang
lebih update dll. Lalu contoh lainnya saat ini banyak sekali toko-toko fashion
yang tidak hanya menjalankan bisnisnya di dunia nyata tapi mereka juga
menjalankan bisnisnya dengan cara online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar